Minggu, 19 Juni 2011

Usir Lelah dengan Berolahraga


TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Alaminya, manusia diciptakan untuk menjadi makhluk yang aktif. Berjalan, berlari, dan berdansa, seharusnya menjadi bagian dari kehidupannya. Namun, ternyata di masa sekarang ini sebagian besar hidup Anda lebih banyak dihabiskan dengan duduk tenang. Baik di depan meja kerja maupun televisi. Mungkin Anda berpikir, hemat bergerak berarti hemat energi.
Padahal justru sebaliknya, gaya hidup yang kurang aktif dapat membuat Anda kehilangan massa otot dan dapat merasa lelah lebih cepat. Ketika Anda lelah, Anda malas bergerak. Namun di saat Anda kurang bergerak, kelelahan juga lebih gampang menyerang. Bagaikan lingkaran setan, ya?
Tanda-tanda kelelahan dapat dimulai dengan kondisi badan yang lesu dan kurang bersemangat. Untuk mengembalikan energi, ada baiknya Anda mulai rajin berolahraga. Latihan fisik yang rutin dapat memperbaiki kondisi tubuh yang loyo sekaligus suasana hati menjadi lebih riang. Dengan berolahraga setiap pagi, Anda akan tidur nyenyak setiap malam.
Ada beberapa jenis olahraga yang dapat Anda lakukan untuk mengembalikan semangat, di antaranya adalah berikut ini.
1. Latihan kardio seperti berjalan atau berlari di treadmill.
2. Latihan yang bersifat aerobik, seperti senam aerobik, berenang, atau bersepeda.
3. Latihan beban dan peregangan beberapa kali sekali.
4. Interval training, yang prinsipnya menggabungkan antara latihan berintensitas tinggi (seperti lari cepat) dan latihan yang lebih ringan namun berdurasi lama (seperti joging).
5. Yoga, pilih pose mudah seperti Downward Facing Dog yang akan meregangkan sebagian besar otot yang kaku.
Bila rasa lelah sudah melanda tapi Anda tidak sempat olahraga, cobalah teknik pernapasan berikut. Ambil napas dalam-dalam dan perlahan dari diafragma (bukannya dada), kemudian keluarkan juga dengan perlahan-lahan dan panjang. Lakukan ini beberapa kali dalam posisi duduk tegak.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | free samples without surveys